Lompat ke konten

Kurban itu Wajib

Kita tidak tahu nasehat yang mana yang menyentuh hati. karena itu perlu sering mendengar nasehat.

Mudah mudahan ada beberapa nasehat itu yang menyentuh hati kita. Salah satu nasehat yang selalu kuingat walau sudah puluhan tahun lalu adalah tentang kurban.Kudengar nasehat itu dari radio di kamar.

Bahkan sampai sekarang masih bisa menggambarkan suasana kamar saat mendengar nasehat ini.Waktu sma, saya mendengar di radio ust athian ali berceramah. Bahwa beliau sudah berkurban sejak kuliah. Karena imam syafii berpendapat kurban itu wajib untuk yang mampu.

Apa pengertian mampu itu ?orang dianggap mampu berkurban bila orang tsb mempunyai harta yang cukup memberi makan sekeluarga selama minimal 3 hari. Semua barang yang ada di rumah adalah harta. Jadi bila kita menjual seluruh barang yang ada di rumahnya dan hasilnya bisa memberi makan keluarga kita srlama 3 hari, dianggap mampu berkurban.

Bila orang tersebut tidak berkurban, diakan terkena hadis nabi :“Barangsiapa mendapatkan kelapangan dalam rizki namun tidak mau berkurban maka janganlah sekali-kali mendekati tempat Shalat kami.” (H.R. Ahmad)

Cek apa barang kita di rumah bila dijual uangnya cukup untuk makan sekeluarga 3 hari.Bila cukup kita bisa dianggap orang mampu berkurban.

Ust. Athian AliWalau siaran radio itu sdh 20 tahun tapi saya masih ingat. Selalu teringat terutama mendekati hari raya kurban.Waktu sma saya blm punya uang untuk berkurban, tapi ada tekad kuat untuk berkurban.

Alhamdulillah 6 tahun kemudian bisa melaksanakan niat itu. Pas sebelum lulus kuliah. Hasil dari jualan obat penguras WC untungnya bisa beli 2 kambing.Banyak di antara kita yang menganut mazhab syafii dalam ibadahnya.

Yuk walau dana terbatas mencoba untuk berkurban tahun ini.